twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Friday, April 23, 2010

memupuk rasa percaya diri

Untuk menumbuhkan rasa percaya diri yang proporsional maka individu harus memulainya dari dalam diri sendiri. Hal ini sangat penting mengingat bahwa hanya individu yang bersangkutan yang dapat mengatsi rasa kirang percaya diri yang sedang dialaminya.. beberapa saran berikut mungkin layak menjadi pertimbangaan jika kamu sedang mengalami krisis kepercayaan diri.
1. Evaluasi diri secara obyektif
Belajar menilai diri secara obyektif dan jujur. Susunlah daftar “ kekayaan” pribadi seperti prestasi yang pernah diraih, sifat-sifat positif,potebsi diri baik yang sudah diaktualisasikan maupun yang belum, keahlian yang dimiliki, serta kesempatan atau pun sarana yang mendukung kemajuan diri. Sadari semua asset-asset berharga kamu dan temukan asset yang belum berkembang. Pelajari kendala yang selama ini menghalangi perkembangan diri kamu seperti, pola piker yang keliru, niat dan motivasi yang lemah, kurangnya disiplin serta sebab-sebab eksternal lain.
2. Beri penghargaan yang jujur terhadap diri
Sadari dan hargailah sekecil apapun keberhasilan dan potensi yang kamu miliki. Ingatlah bahwa semua itu di dapat melalui proses belajar, berevolusi dan transformasi diri sejak dulu hingga sekarang.
3. Berani mengambil resiko
Berdasarkan pemahaman diri yang obyektif , kamu bisa memprediksi resiko setiap tantangan yang dihadapi. Dengan demikian, kamu tidak perlu menghindari setiap resiko, melainkan lebih mengunakan strategi-strategi untuk menghindari, mencegah ataupun mengatasi resikonya.
4. Belajar mensyukuri dan menikmati rahmat Tuhan
Ada pepatah mengatakan orang yang paling menderita hidup adalah orang yang tidak bisa bersyukur pada tuhan atas apa yang telah diterimanya dalam hidup. Artinya, individu tersebut tidak pernah berusaha melihat segala sesuatu dari kacamata positif, bahkan kehidupan yang dijalaninya selama ini pun tidak dilihat sebagai pemberian dari tuhan . akibatnya ia tidak biasa bersyukur atas semua berkatnya. Oleh sebab itu, belajar bersyukur atas apapun yang kamu miliki dan percayalah tuhan pasti menginginkan terbaik untuk hidup kamu.
5. Menetapkan tujuan yang realistic
Kamu perlu mengevaluasi tujuan-tujuan yang kamu tetapkan selama ini. Dengan menerapkan tujuan yang lebih realistic maka akan memudahkan kamu mencapai tujuan tersebut.

Mungkin masih ada beberapa cara lain yang lebih efektif untuk menumbuhkan rasa percaya diri. Jika kamu dapat melakukan beberapa hal seperti yang disarankan diatas, niscaya kamu akan terbebas dalam rasa krisis percaya diri. Namun satu hal yang perlu diingat adalah jangan sampai kamu mengalami rasa percaya diri yang berlebih.

No comments:

Post a Comment