twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Tuesday, May 1, 2012

otorisasi pasar modal

Nama   :  Wellanitha
NPM   :  21208278
Kelas   :  4EB05

Otorisasi pasar modal dibeberapa negara
Menurut  Airlangga Hartarto, usai Musyawarah Anggota AEI, di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Rabu (9/3) , pemberlakuan integrasi pasar modal ASEAN sudah jelas-jelas akan merugikan Indonesia. Airlangga menganalogikan kondisi tersebut seperti pasar bebas perdagangan yang telah mulai berlangsung sejak 2010 lalu. "Sudah jelas bahwa integrasi pasar modal ASEAN itu nantinya berpusat di Singapura. Mereka (Singapura) yang diuntungkan karena potensi investor dan segala benefit yang dimiliki Indonesia akan lari ke sana. Sama seperti pasar bebas yang hanya menguntungkan China. Kita rugi," tutur Airlangga.
Pasar modal Indonesia, lanjut Airlangga mempunyai beberapa keunggulan dibanding negara-negara lain, seperti potensi investor yang masih besar serta ekonomi yang terus tumbuh sehingga menjadi salah satu negara emerging market yang paling diincar. "Ini harus kita jaga karena banyak diincar oleh mereka (negara-negara ASEAN lainnya). Jadi jangan mau," tegas Airlangga.
Hingga saat ini otoritas pasar modal belum memastikan bakal bergabung atau tidak ke dalam pengintegrasian pasar modal tersebut.
Namun, Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Ito Warsito menyatakan pihaknya tidak akan berpartisipasi dalam integrasi tersebut karena masih terbentur dengan aturan yang belum ditetapkan otoritas pasar modal mengenai integrasi tersebut.
Beberapa otoritas Pasar Modal yang ada di beberapa Negara :
 1. BAPEPAM (Badan Pengawas Pasar Modal) adalah otoritas pasar modal yang ada di Indonesia.
2. SEC (Securities and Exchange Commission) adalah otoritas pasar modal yang ada di Amerika.
3. AMF (Autorite des Marches Financiers) adalah otoritas pasar modal yang ada di Perancis
AMF adalah sebuah badan publik yang independen yang bertanggung jawab untuk menjaga keberlanjutan investasi pada instrumen keuangan dan dalam semua tabungan-tabungan lainnya dan investasi serta menjaga pasar keuangan yang teratur.

No comments:

Post a Comment